proses mutasi keluar sepeda motor dari kota ke kab.malang

Mau sharing pengalaman aja,jadi ceritanya gini.berawal dari beli motor tua second honda legenda tahun 2001
 yang saya cari lewat toko online.mesinnya lumayan alus,irit,dan yang penting lengkap dan pajak gak mati.
karena motor di STNK masih pakai nama pemilik lama,saya kepikiran untuk balik nama motor ini,akhirnya pada 
tanggal 3 juni 2014 saya pergi ke Samsat untuk proses balik nama.


Motor


Gambar motor astrea legenda 2001.


Dengan berbekal referensi dari eyang Gugel yang ternyata motor saya harus dimutasi karena pemilik

 lama berdomisili malang kota,sedangkan saya domisili malang kabupaten(beda daerah beda Samsat).

jadi proses yang saya ambil ’’ PROSES MUTASI DAN BALIK NAMA’’.Taap-tahap yang akan saya lalui MUTASI KELUAR-MUTASI MASUK-BALIK NAMA.


Berangkat pukul 8.00 wib sampai di Samsat malang kota( yang terletak di jln.raya kebonsari )pukul 08.30 wib.Saya langsung menuju ke bagian cek fisik.minta formulir cek fisik bilang mau mutasi keluar+balik nama ke kabupaten malang,

kasihkan STNK(Asli),BPKB(Asli),KTP ASLI(Pemilik baru)+fotokopi semuanya rangkap 4 masukan semua berkas dalam 1 map.

setelah gesek nomer rangka dan nomer mesin langsung menuju ke loket pengesahan cek fisik,dilanjutkan ke loket bagian fiskal yang ruanganya berada didalam.

kasihkan semua berkas ke petugas bagian fiskal nunggu nama kita di panggil.(sejauh ini belum ada biaya).


Tips;berangkat lebih pagi jam buka samsat 08.00-15.00 untuk menghindari antrian panjang.

Fotokopi berkas asli dulu sebelum ke samsat.siapkan bolpoin,obeng/peralatan buat cek fisik.


Mutasi Keluar

LOkasi


Gambar fotokopi dan no. rangkamesin


Beberapa menit kemudian,nama saya dipanggil petugas ngasih selembar kertas bertulis Surat keterangan Fiskal.petugasnya nyuruh saya difotokopi rangkap 4+materai 6000.

Setelah saya fotokopi saya diarahkan bagian loket Arsip BPKB yang tempatnya berada di lantai 2.serahkan semua berkas untuk dicek petugas,nama saya dipanggil ternyata

 kurang KWITANSI PEMBELIAN,beli ditukang fotokopi.berkas lengkap kasihkan lagi ke petugas.selesai cek arsip,petugasnya bilang suruh ke POLRES MALANG bagian BPKB.Langsung deh tancap gas ke polres malang.(biaya yang keluar fotokopi+materai(Rp 11.000),kwitansi pembelian(Rp 8.000),parkir(Rp 1.000)).


Tips;siapkan dari rumah materai 2 buah dan kwitansi


Muttasi


Gambar kwitansi


Jam menunjukan pukul 10.20 wib,saya sudah sampai di Polres malang.tanya polisi yang sedang lewat,ternyata tempatnya gak jauh dari tempat parkir.saya masuk ke ruangan bagian bpkb langsung ke loket Mutasi Keluar.

Serahkan semua berkas nunggu nama dipanggil.setelah nunggu kurang lebih 15menit nama saya dipanggil,saya disuruh fotokopi mutasi keluar(tukang fotokopi sudah tahu) dan siapkan uang Rp 75.000.

selesai fotokopi kasihkan ke petugas beserta uangnya,saya dikasih surat jalan sementara/surat ket.fiskal dan suruh ke polres malang lagi tanggal 26 Juni 2014.

(biaya yang keluar fotokopi (Rp 4.000),Administrasi (Rp 75.000),parkir(Rp 1.000)).

Tips;siapkan uangnya hehehe

surat


Gambar ket.fiskal

untuk proses selanjutnya yaitu proses mutasi masuk ke kab. malang....bersambung ke hal. berikutnya ya.


Semoga Artikel Ini Bermanfaat,Terima Kasih.
Baca Juga:

11 komentar

tes komentar untuk artikel ini

terima kasih infonya
bagaimana mutasi motor dg baik
thanks ya

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

proses selanjutnya belum jd ya om ?

Sangat bermanfaat om, bravoo

Siiip dah. Setidaknya ada gambaran kemudahan. Trims berat...

makasih untuk infonya semoga bermanfaat..saya tunggu episode berikutnya

walaupun sudah lama, lumayan dapat gambaran, kalau bisa ngetiknya huruf kecil saja om

Sangat membantu, jarang postingan seperti ini. Jazakallahu khoir

▼ Silahkan komentar sesuai artikel diatas.
▼ Komentar tidak berbau SARA.
▼ Dimohon jangan spam link dan promosi.